Hemochromatosis - Ayurvedic Pengobatan Herbal

Hemochromatosis - Ayurvedic Pengobatan Herbal

Hemochromatosis adalah turun-temurun, autosomal resesif gangguan yang menyebabkan akumulasi abnormal zat besi dalam tubuh dalam organ yang berbeda, yang mengarah ke toksisitas organ. Hasil overload besi dari penyerapan zat besi tinggi yang tidak dari usus. Ras kulit putih lebih dipengaruhi oleh kondisi ini, dan laki-laki yang terpengaruh lebih dari perempuan. Hemochromatosis biasanya mempengaruhi hati, jantung, pankreas, hipofisis, sendi dan kulit; mengakibatkan pigmentasi kulit, sirosis hati, hepatoma ganas, gagal jantung, diabetes mellitus, impotensi dan arthritis. Kelebihan deposisi besi umumnya diobati dengan terapi phlebotomy (menyukai suntikan).

Pengobatan Ayurvedic dari hemochromatosis bertujuan menghilangkan kelebihan zat besi dari tubuh, mencegah penyerapan zat besi yang berlebihan, mengobati gejala dan mencegah komplikasi. Darah-membiarkan dilakukan secara berkala untuk mengurangi kelebihan zat besi dari tubuh. Penyerapan zat besi yang tinggi dari usus dicegah dengan menggunakan obat-obatan seperti Kutaj-Parpati, Panchamrut-Parpati, Suvarna-Parpati, Sukshma-Triphala, Triphala (Tiga buah), Arogya-Vardhini, Bilva-Avaleha, Psyllium (Plantago ovata), Gandharva-Haritaki , Kutki (Picrorrhiza kurroa), Abhrak-bhasma, Praval-Panchamrut dan Trivang-bhasma.

Hati sirosis dan hepatoma dapat dicegah dengan menggunakan obat-obatan seperti Arogya-Vardhini, Sutshekhar-Ras, Suvarna-Sutshekhar-Ras, Bhunimbadi-Qadha, Punarnavadi-Qadha, Kutki, Punarnava (Boerhaavia diffusa), Sharpunkha (Tephrosia purpurea), Rohitak (Tecoma undulata ), amalaki (Emblica officinalis), Gokshur (Tribulus terrestris), Guduchi (bratawali), Kalmegh (Andrographis paniculata), Devdangri (Luffa echinata), Bhrungraj (Eclipta alba), Ashwagandha (Withania somnifera) dan Bhumiamalaki (Phyllanthus niruri). Gagal jantung dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan seperti Laxmi Vilas-Ras-, Shrung-bhasma, Arjunarishta, Dashmoolarishta, Punarnavadi-Qadha dan Drakshasav.

Diabetes mellitus dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan seperti Haridra (Curcuma longa), amalaki, Mamejva (Enicostemma littorale), Gudmar (Gymnema sylvester), Yashad-bhasma, Shilajit (aspal yang dimurnikan) dan Vijaysaar (Pterocarpus marsupium). Impotensi dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan seperti Kuchla (Strychnos nuxvomica), Kapikacchu (Mucuna pruriens), Samudrashosh (Argyreia speciosa), Lavang (caryophyllus aromaticus) dan Akarkara (Anacyclus pyrethrum). Arthritis dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan seperti Yograj-Guggulu, triphala-Guggulu, Kaishor-Guggulu, Maha-Rasnadi-Guggulu, Vat-Gajankush-Ras dan Maha-Vat-Vidhwans-Ras.

Dengan perawatan yang memadai dan tepat waktu, pasien tanpa kerusakan organ yang signifikan dapat diharapkan untuk memiliki harapan hidup yang normal. Pasien terpengaruh dengan kondisi ini harus menghindari suplemen zat besi, daging merah dan alkohol. Sejak hemochromatosis melibatkan beberapa organ tubuh, manajemen kondisi ini memerlukan tim spesialis medis dan bedah.

No comments:

Post a Comment